Andi Bau Dala Uleng, Jadi Datu Suppa

Bagikan :

PINRANG, MNC. – Putri Andi Abdullah Bau Massepe , Hj. AndiAi?? Bau Dala Uleng dinobatkan menjadi, Datu Suppa yang ke 30. Proses penobatan itu dilaksanakan di Lapangan Suppa.

Pemangku Adat, Andi Pabiseangi mengatakan, penobatan Hj Andi Bau Dala Uleng melalui proses yang panjang ” Melalui rembuk keluarga dengan persetujuan Pemerintah Daerah dan masyarakatAi?? Suppa,” Kata dia kepada MERPOSnews.com, Minggu sore (18/3/18).

Dia menjelaskan, acara penobatan ini baru dilaksanakan setelah melalui persetujuan semua pihak, makaAi?? penobatan datu suppa baru dilaksanakan.

Baca Juga :  Polsek Mappadeceng Luwu Utara Gelar Lomba Tadarus Al Qur'an

Datu suppa Hj Andi Bau Dala Uleng menggantikan saudaranya Andi Bau Kuneng Datu Suppa yang ke 29 yang mangkat beberapa tahun lalu. “Sebelumnya Datu Suppa memang kosong sejak Datu Suppa ke 29 mangkat ” kata Andi Mondji Mondjong, pemangku adat Suppa.

Untuk meneruskan adat dan budaya Suppa kata dia, maka dipilih Hj Andi Bau Dala Uleng sebagai penggantinya.

Selain disaksikan masyarakat Suppa, penobatan Hj Andi Bau dala Uleng juga disaksikan oleh raja raja se Nusantara yang hadir dalam upacara penobatan tersebut.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Kapolda Pantau Kondisi Pinrang

Raja yang hadir di antaranya;
Kesultanan Jogjakarta, KPH Wirayudho dari Pakualaman Yogyakarta dan dari Kesultanan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat Sultan Sepuh XIV

Pemerhati budaya Andi Ikbal B Tanri mengapresiasi pengukuhan Addatuang Suppa sebagai upaya melestariakan nilai nilai budaya dan adat yang ada di Pinrang khususnya di Addatuang Suppa.

Pihaknya berharap patriotisme dalam memperjuangkan dan mempertahankan NKRI yang dimiliki pendiri Addatuang Suppa mampu diwarisi oleh generasi muda Pinrang sehinggaAi?? apa yang dicita citakan pendirinya bisa terwujud menjadi daerah yang makmur, adil dan sentosa

Baca Juga :  Bupati Dollah Mando Hadiri Pengukuhan Pengurus IPIM Kecamatan se-Kabupaten Sidrap

Dia mengatakan, kedatuan Suppa sejak awal disegani di seluruh wilayah Ajatappareng. “Dalam Lontara LagaligoAi?? disebut Toloqna iyarega Minruranna Suppa sebagai pengakuan dari kedigdayaan Suppa kala itu”, katanya. (Suardi/Ika)

Andi Bau Dala Uleng, Jadi Datu Suppa
Suasana penobatan Datu Suppa ke 30 H. Andi Bau Dala Uleng. (ft:Suardi)

Comment