Forkopinda Pinrang Hadiri Pesta Panen Di Duampanua. Bupati Irwan Hamid Bilang Begini

Bagikan :

PINRANG, MNC — Bupati Pinrang, H.A Irwan Hamid bersama Dandim 1404 Letkol INF Aris Barunawan, menghadiri pesta panen sekaligus doa bersama masyarakat Waru Desa Buttu Sawe, Kecamatan Duampanua Kebupaten Pinrang, Minggu (29/5/2022).

Kehadiran Bupati Pinrang disambut dengan antusias oleh warga dengan acara Mappadendang, musik tradisional masyarakat Bugis yang berasal dari Lesung dan alu, simbolisasi rasa syukur atas panen yang dinikmati warga.

Bupati Irwan Hamid mengatakan, Pesta Panen bukan hanya sekedar ritual semata, tetapi lebih dari itu, merupakan wujud rasa syukur masyarakat petani atas panen padi yang melimpah.

Baca Juga :  Meriah, Pembukaan Porseni HUT Pinrang Banjir Peserta

Lanjut Irwan pesta panen ini adalah kearifan lokal masyarakat agraris, khususnya di Kabupaten Pinrang secara turun temurun.

“Ini adalah wujud rasa syukur untuk panen padi yang melimpah, dan harus terus dilestarikan karena mengandung nilai adat dan religius yang diwariskan turun temurun,” ujar.mantan Ketua DPRD Pinrang.

Turut mendampangi Bupati Pinrang, nampak Kepala Dinas Tanaman pangan dan Hortikultura A. Tjalo Kerrang, Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang Awaluddin Maramat dan Camat Duampanua. (*//HAR)

Comment