Orang Bugis – Makassar Harus Mampu Pertahankan Harga Diri

Bagikan :

SOPPENG, MNC. – Gubernur Sulsel DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, MH, M.Si mengatakan, orang Bugis – Makassar harus mampu mempertahankan harga diri dan membangun daerahnya.

“Bahkan orang Bugis – Makassar itu mampu dan bisa bicara dengan air, laut, angin, dan tanah. Makanya orang Bugis – Makassar tidak ada rasa takut melawan badai dan gelombang”, Kata Syahrul.

Hal ini diungkapkan, gubernur saat menghadiri perayaan hari jadi Soppeng yang ke-757, Tahun 2018, di Kawasan Waduk Ompo,Ai?? Kelurahan Ompo, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Jumat(23/03/2018).

Baca Juga :  Murid SDN 12 Pangkajene Sidrap Wakili Sulsel di Ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional 2021

Ditambah, dalam karya sastra dan budaya terbesar di dunia, Lagaligo terdapat tulisan menyebutkan ada kataAi?? Soppeng yang menandakan pengakuan atas daerah ini dalam sejarah.

“Bugis adalah orang pemberani, pelaut ulung dan tidak pernah takut gelombang. Kita adalah orang-orang kuat dan terpilih. Dan seorang yang berbudaya memiliki literasi sastra tertinggi di dunia yang mengalahkan karya sastra Mahabarata dari India”,Ai?? tambah Syahrul.

Baca Juga :  Bupati Pinrang Turun Sawah Bersama Petani Mattiro Sompe

Kita harus terus berbuat baik, kata gubernur,Ai?? jangan mentang-mentang punya pangkat atau mentang-mentang punya jabatan lalu mau sombong.Ai?? Kita harus saling menghargai dan salibg bersopan santun.

Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE dalam mengatakan, dalam rangka meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat, berbagai kegiatan dilaksanakan di ataranya;Ai?? Gerakan Mappadeceng yang mampu mengcover seluruh permasalahan masyarakat dan mencarikan solusi untuk menuju masyarakat yang lebih baik.

Baca Juga :  Korps Rapor Kenaikan Pangkat Personil Polres Luwu dan Brimob

Pemerintah Kabupaten saat ini, kata Kaswadi, telah mengembangkan pengolahan ulat sutera mulai dari ulat, benang sampai sutera jadi siap jual. Selain itu setiap masyarakat kurang mampu diberikan kartu macca. Dengan Kartu macca terdebut dapat membatu setiap permasalahan masyarakat Soppeng baik masalah perekonomian maupun kesehatan. (Mulyadi,Ar/ika).

Comment