BPJS Tetap Layani Peserta JKN-KIS Meski Libur Lebaran

Bagikan :

PALOPO, MNC. – Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawatir saat libur lebaran tiba. Pasalnya, H-8 sampai H+8 atau 7-23 Juni 2018, BPJS akan tetap memfasilitasi pelayanan kesehatan selama hari libur idul fitri sesuai prosedur yang sudah disepakati dengan BPJS Kesehatan.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Palopo, Subkhan, mengatakan untuk peserta JKN-KIS tak perlu khawatir saat melakukan mudik lebaran nanti. Pasalnya, mereka tetap akan mendapatkan fasilitas kesehatan di luar kota, apabila membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Apabila membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota, dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut,” ujarnya, saat melakukan jumpa pers di kantor Cabang BPJS Kesehatan, Kota Palopo, Senin (4/6/2018).

Baca Juga :  Anggota DPRD Soppeng Berkunjung ke DPRD Pinrang

Bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik, katanya, diharapkan untuk selalu membawa kartu JKN-KIS miliknya.

Selain membuka pelayanan saat libur lebaran, BPJS Kesehatan juga membuka posko mudik. Posko mudik ini digelar mulai tanggal 9 hingga 14 Juni 2018,” ujar Subkhan.

Sementara itu, Kepala RSUD Sawerigading Palopo, dr. Nazaruddin Nawir, menyampaikan, bahwa selama libur lebaran, pelayanan di rumah sakit tetap memberikan pelayanan seperti biasa.

Baca Juga :  Komunitas Nusantara New Max Community Dideklarasikan di Rara Coffee Parepare, Ini Tujuannya

“Ada 25 dokter spesialis yang standby. Itu sudah kami atur siftnya. Jadi, perhari kita siapkan enam dokter spesialis untuk unit gawat darurat, termasuk tenaga operasi juga kami sudah siapkan,” tutur dr. Nazar.

Pelayanan cuci darah untuk saat ini, menurut Nazar, sudah disiapkan perawat dan dokternya. “Untuk pelayanan cuci darah tetap seperti biasa. Tidak ada libur,” Jelasnya.(suardi/Ika).

BPJS Tetap Layani Peserta JKN-KIS Meski Libur Lebaran
Suasana Jumpa Pers BPJS terkait pelayanan peserta JKN- KIS selama masa libur lebaran mulai 7 sampai 23 Juni 2018. (Suardi).

Comment