Hardiknas 2019 Palopo, Mencerminkan Pesan Ki Hajar Dewantara. Sebut HM.Judas Amir

Spread the love

PALOPO, MNC — Pemerintah Kota Palopo menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kota Palopo Tahun 2019 yang berlangsung di Lapangan Pancasila Kota Palopo, Senin 2 Mei 2019.

Walikota Palopo, Drs. HM. Judas Amir selaku Inspektur Upacara (Irup) membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy menyampaikan perlu di ketahui bersama bahwa terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional kita.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 13: menyebutkan “Tujuan pendidikan Nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Selama empat tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo – Yusuf Kalla lebih di fokuskan pada pembangunan infrastruktur atau prasarana.

Namun sebagaimana telah disampaikan oleh Presiden dalam banyak kesempatan, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia.

Disini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya. Terkait dengan itulah tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat Pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna meningkatkan hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan Sumber Daya menekankan dua penguatan, yaitu Pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

Upacara Hardiknas Tahun 2019 dihadiri Wakil Walikota Palopo, Ir. H. Rahmat Masri Bandaso, Ketua DPRD Kota Palopo, Harisal A Latief, unsur Forkopimda, Eselon II, III, dan IV, pejabat lingkup Pemerintah Kota Palopo, para kepala sekolah serta siswa dan para peserta Upacara.(SUARDI/MNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *