Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 77 di Torut, Ini Realisasi Program Duet Ombas – Dedy

Bagikan :

TORUT, MNC- Kabupaten Toraja Utara (Torut) melaksanakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 di Lapangan Bakti Rantepao, Toraja Utara, Rabu (17/8/2022). Bupati Torut Yohanis Bassang menjadi Inspektur di upacara tersebut.

Dalam upacara itu, komandan upacara dari Kodim 1414 Tana Toraja Danramil 05 Sanggalangi’ oleh Kapten Inf Saripuddin.

Pelaksanaan upacara berlangsung dengan khidmat dan berjalan dengan lancar, sebanyak 75 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka berhasil menjalankan tugasnya dengan baik serta kegiatan diawali dengan penampilan Marchingband dari SMAN 1 Rantepao mengiringi berjalannya acara.

Upacara dihadiri Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Viktor Palimbong, ST, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kab. Toraja Utara Ibu Agustina M. Bassang dan Ibu Damayanti Batti, Kapolres Toraja Utara, AKBP. Eko Suroso, Dandim 1414 Tana Toraja Letkol. Inf. Monfi Ade Chandra, Kajari Tana Toraja, Erianto L. Paundanan, Ketua Pengadilan Makale, Rustam, seluruh OPD/SKPD Sekabupaten Toraja Utara, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Toraja Utara, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Toraja Utara, Para Kepala Instansi Vertikal, Para Asisten, Para Staf Ahli Bupati, Para Staf Khusus Bupati Toraja Utara, Para Camat, Para Lurah, Para Kepala Lembang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Organisasi Kemasyarakatan.

Baca Juga :  Pemkot Palopo Apel Bersama Dirangkai Halal Bihalal

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan pengumuman pemenang lomba beberapa kategori yaitu : Lomba Bupati CUP II Toraja Utara tingkat SD, SMP, SLTA Sederajat, Lomba Senam Toraja Utara, Lomba Gerak Jalan dan Marching Band Tingkat SD, SMP, SLTA Sederajat, Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Pdt. Rasely Sinampe, Penyerahan Hadiah dan Piala Bergilir Lomba Kebersihan yang di dimenangkan oleh Lembang Nonongan Selatan Sebagai Juara 1,disusul Lembang Sangbua’ Juara II, Juara III Lembang Nanggala, Juara IV Lembang Awa’ Kawasik, Juara V Buntu Batu Tikala, Juara VI Buntu Minanga.

Untuk tingkat kelurahan terbersih di menangkan oleh Kelurahan Sampiak Salu juara I, disusul Kelurahan Papelean juara II, juara III Kelurahan Tallangsura, Juara IV Kelurahan Rantepasele, Juara V Kelurahan Pangala, Juara VI Kelurahan Balusu.

Baca Juga :  Warga Maroneng Keluhkan Sampah Busuk di Jalan; Ini Urusan Siapa ?

Untuk lomba kebersihan tingkat Kecamatan di menangkan oleh Kecamatan Nanggala, Juara II Kec. Sopai, Juara III Kec. Kesu’, Juara IV Kec. Bangkelekila’, Juara V Kec. Balusu, Juara VI Kec. Sanggalangi.

Dan kategori lembang kurang bersih diraih oleh Lembang Rantebua Sumalu, Lembang Maiting, Lembang Batu Lotong.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 77 di Torut, Ini Realisasi Program Duet Ombas - Dedy

Realisasi Program Ombas – Dedy

Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang – Frederik Victor Palimbong atau Ombas-Dedy berhasil merealisasikan sejumlah program selama masa pemerintahan yang saat ini masuk tahun kedua.

Salah satunya program pengembalian hari pasar, dimana setiap hari pasar berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya dan pasar hanya diadakan sekali seminggu. Seperti pasar tradisional di Bolu atau Pasar Bolu, dalam minggu ini, pasar dibuka pada Rabu dan pekan selanjutnya akan berpindah ke Hari Selasa.

Baca Juga :  Begini Perbedaan Polres Sidrap Gelar Pasukan Operasi Lilin 2019, Dengan Polres Lain...

Ombas-Dedy juga berupaya mengurai kemacetan lalu lintas di wilayah Rantepao dengan membuka terminal bayangan di Bua Kecamatan Kesu’.

Dengan terimnal bayangan itu, mobil lintas provinsi yang tiba pukul 06.00 Wita tidak boleh lagi masuk Rantepao dan harus menurunkan penumpang di terminal bayangan untuk mengurangi kemacetan.

Duet Ombas – Dedy memimpin Toraja Utara dengan visi menjadikan daerah ini bisa mandiri, berbudaya dan berdaya saing. Adapun misi pemerintahan Ombas-Dedy telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Toraja Utara.

Berikut 11 misi prioritas Ombas – Dedy:

1. Meningkatkan kualitas pendidikan

2. Meningkatkan derajat kesehatan

3. Meningkatkan daya saing pariwisata

4. Reformasi birokrasi

5. Penguatan pertumbuhan ekonomi

6. Meningkatkan infrastruktur

7. Mewujudkan kedaulatan pangan

8. Pembinaan prestasi pemuda

9. Pemberdayaan masyarakat

10. Pengendalian penyakit sosial masyarakat

11. Meningkatkan kapasitas lembaga keagamaan. (SUSANNA RULIANTI/HMS)

Comment