Pertama Kali SD Montig Makassar Melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer

Bagikan :

MAKASSAR, MNC – Untuk pertama kalinya SD Negeri Monginsidi III (Montig) Kota Makassar melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dimulai 22 – 25 November 2021.

Lembaga pendidikan dasar tertua ini, melaksanakan ANBK untuk gelombang 3 secara mandiri dengan menerapkan Prokes Covid – 19.

ANBK merupakan program penilaian dan evaluasi terhadap mutu dan kualitas pendidikan setiap sekolah. Sasaran dalam kegiatan ANBK ini adalah Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik, dan Peserta Didik.

Baca Juga :  Hanya Miskomunikasi,ini Penjelasan Kepsek 187 Pinrang

Dalam pelaksanaan ANBK di SDN Montig diikuti 30 peserta didik siswa kelas 5 aktif yang sudah terdaftar di Dapodik. Peserta didik mengikuti ANBK dibagi dalam 2 gelombang, yang mana tiap gelombang terdiri 2 sesi. Setiap peserta didik mengikuti ANBK selama 2 hari.

Dalam mengerjakan soal ANBK, waktu masuk sesi 1 pukul 8.00 sampai pukul 11.30 Wita, sedangkan untuk sesi 2 masuk pukul 13.00 hingga 15.30 Wita. Adapun materi ANBK yang dikerjakan adalah Literasi, Numerasi, Survey karakter dan Survey Lingkungan.

Baca Juga :  Plt. Sekda Palopo BukaAi?? Kemah Baden Powell ke-161

Guru SDN Montig, Syurahwahyuni, S.Pd mengaku pembagian gelombang dan 8 siswa tiap sesi saat mengikuti ANBK, disebabkan oleh ketersediaan perangkat teknologi (laptop) yang sangat terbatas.

“8 laptop yang kita pakai selama pelaksanaan kegiatan ANBK, semuanya milik guru,” kata Yuni saat di tanyai media ini, Kamis (25/11) sore.

Seperti diketahui, sebelum tahap pelaksanaan kegiatan ANBK jenjang sekolah dasar, terlebih dahulu dilakukan tahap simulasi ANBK dan gladi bersih ANBK. Hal ini dimaksudkan untuk menguji kesiapan perangkat, maupun jaringan bagi sekolah yang akan mengikuti ANBK. Selain itu bertujuan agar siswa memahami cara mengerjakan soal-soal ANBK. (RURI/MNC)

Baca Juga :  Pelajar Pinrang Bertarung Nyawa Dapatkan Akses Internet Demi UNBK

Pertama Kali SD Montig Makassar Melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer

 

 

Comment