Ahmad Lamo, Muhammad Syamsir, Serma Rustan, Aipda Andi Firman dan Mea Tentang Kegiatan Lepas Sambut

Bagikan :

MAKASSAR, MNC – Semua jerih payah yang di rasakan siswa selama tiga tahun proses belajar kini sudah berakhir.

Kepala UPT SPF SMPN 40 Makassar mengaku memberikan apresiasi tinggi kepada jajaran pengurus komite sekolah yang telah berinisiatif dan sukses melaksanakan acara Lepas Sambut Peserta Didik TA 2021-2022.

“Kami sangat mengapresiasi dan memberikan ucapan terima kasih kepada komite sekolah yang hari ini melaksanakan hajatan lepas sambut dengan baik dan lancar,” kata Kepala UPT SPF SMPN 40 H. Ahmad Lamo, S.Pd M.Pd saat ditemui usai menghadiri secara langsung acara lepas sambut siswa.

Acara lepas sambut siswa-siswi TA 2021-2022 SMPN 40 di lapangan sekolah dilakukan oleh Komite Sekolah pada Sabtu (25/6/2022). Hal ini disampaikan Wakasek Kesiswaan, Hj. Ernawati, M.Pd melalui WA.

Hajatan tersebut tentu bukan seremoni belaka namun menjadi ruang silaturahmi dan komunikasi pihak sekolah kepada orang tua siswa dalam menginformasikan program pendidikan dan pelaksanaan pembelajaran. Mengingat di tahun ajaran baru 2022-2023 mendatang, SMPN 40 akan mulai menerapkan Kurikulum Merdeka.

Selain itu juga, acara lepas sambut menjadi wadah penyampaian pesan kepala sekolah dan ketua komite sekolah kepada siswa-siswi yang telah tamat agar senantiasa menjaga nama baik almamater SMPN 40 dimana pun bersekolah dan berada.

Baca Juga :  Usai PAS, Begini Dilakukan SMPN 2 Lilirilau Soppeng

Dalam acara lepas sambut yang kegiatannya terkesan mendadak dilaksanakan, berbagai hal mewarnai, dari menyanyikan lagu Indonesia Raya, penyampaian pidato sambutan, penampilan kesenian hingga pengalungan medali kepada siswa kelas IX.

Selain acara dihadiri orang tua dan dewan guru, hadir juga tamu undangan lainnya seperti pengawas SMPN 40 Hasmawati, Lurah Minasa Upa Ibrahim, Babinsa, Serma Rustam dan Binmas Aipda Andi Firman.

Ketua Komite sekolah SMPN 40, Muhammad Samsir menyampaikan bahwa meski acara lepas sambut direncanakan dalam waktu singkat namun acara dapat terlaksana luar biasa. Hal ini dikarenakan berkat kerja keras dari tim panitia dan teman-teman pengurus komite.

“Jadi kita berterima kasih dan memberi apresiasi kepada tim panitia. Meski jumlahnya tidak terlalu banyak namun mereka menyempatkan diri siang dan malam mengatur, alhamdulillah acara terlaksana dengan baik,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, seandainya waktu lebih banyak pasti acara ini terlaksana lebih baik lagi dan lebih seru. Setiap pekerjaan pasti ada kendalanya karena itu akan jadi evaluasi bagi pengurus komite kedepan.

Baca Juga :  Selain Diikuti 47 Peserta, Ini Jumlah Ruang Ujian Sekolah SDN Bawakaraeng III

Sementara itu, anggota Babinsa Serma Rustan dan anggota Binmas Andi Firman saat di wawancarai media ini turut memberikan apresiasi dilaksanakannya acara lepas sambut. Mereka berdua sama-sama berharap pelaksanaan acara lepas sambut di tahun-tahun mendatang semakin ditingkatkan.

“Pertama kami berterima kasih di undang di acara pisah sambut adik-adik kita. Saya bersama pak Binmas memberi apresiasi kegiatan yang luar biasa. Semoga ditempat lain bisa mengikuti sehingga kita bisa bersilaturahim dengan orang tua siswa, anak-anak dan pejabat lain yang ada di wilayah tersebut,” kata Serma Rustan dilokasi acara.

“Kami selaku Tripilar kelurahan, saya Binmas, Babinsa dan pak lurah mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan komite sekolah. Tentunya kedepan kegiatan seperti ini tetap bisa diselenggarakan, jauh lebih bagus dan lebih ditingkatkan. Kita berharap anak-anak didik bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya dan sukses kedepannya”, kata Aipda Andi Firman.

Adapun orang tua siswa kelas 9-4 yang menghadiri langsung hajatan lepas sambut menyampaikan kritik dan saran terhadap pelaksanaan acara.

Baca Juga :  Gudep SDN 16 Pinrang Wakili Sulsel ke Tingkat Nasional

Perempuan yang menyebut namanya Mea meminta kedepannya acara lepas sambut dilaksanakan lebih pagi. Ia juga meminta agar acara dilaksanakan, jangan sampai orang tua terkena panas matahari akibat tenda yang kurang bagus.

“Cuma itu aja, kenyamanannya yang kurang, beda (lepas sambut) yang dulu,” kata ibu Mea yang mengaku tinggal di Toddopuli 6.

 

Ahmad Lamo, Muhammad Syamsir, Serma Rustan, Aipda Andi Firman dan Mea Tentang Kegiatan Lepas Sambut

Momen kegiatan acara lepas sambut siswa siswi SMPN 40

Tahun ini SMPN 40 menamatkan peserta didiknya sebanyak 282 orang. Mereka tercatat sebagai alumni yang ke 11 yang berhasil menyelesaikan studinya.

Sebelum Pandemi Covid 19 melanda, peserta didik mengeyam pendidikan SMPN 40 tidak hanya mendapat pengetahuan akademik dikelas namun siswa juga mendapat pengetahuan di luar jam belajar melalui pendidikan ekstrakurikuler atau eskul.

Eskul yang di berikan merupakan bagian dari pendidikan karakter yang mana bertujuan untuk mengembangkan minat, bakat dan kreativitas serta kemampuan peserta didik.

Beragam kegiatan eskul yang dibina oleh SMPN 40 dilakukan dilingkungan sekolah dengan di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah.

(RuRi/MNC)

Comment