Dua Siswa SMAN 3 Pinrang Uji Coba KSN/OSN

Spread the love

PINRANG, MNC – Setelah lolos ditingkat Kabupaten, dua siswa SMAN 3 Pinrang berjuang ketingkat Propinsi mewakili Bumi Lasinrang untuk berkompetisi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN), yang saat ini berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN) se Sulsel.

Kedua siswa tersebut terus membekali diri untuk mengikuti ajang bergensi atasnama Amalia Wildani Tahir bidang lomba Biologi dan Sri Mutiara bidang lomba Kebumian meskipun dimasa pandemik saat ini.

Hal tersebut diungkapkan Pembina Osis SMAN 3 Pinrang Rahmatola. “Kami tetap memantau perkembangan belajar siswa kami, meskipun lewat jarak jauh atau on line” jelasnya. “Kami berharap dalam uji coba nanti agar mereka siap untuk berlomba” tambahnya.

Sementara itu kepala SMAN 3 Pinrang Abdul Wahid Nara membenarkan jika siswanya bakal mengikuti uji coba seleksi dan berusaha mempersiapkan yang terbaik, karena kegiatan ini merupakan satu dari berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang menjadi wadah penyaluran bakat peserta didik.

Mekanisme KSN dilaksanakan melalui seleksi berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, nasional hingga Internasional.

KSN-Provinsi (KSN-P) tahun 2020 dalam masa pandemi COVID-19 tetap digelar. Uji coba KSN-P secara daring dilaksanakan secara serentak dalam 2 (dua) tahap, yaitu tahap ke-1 pada tanggal 20–21 Juli 2020, dan tahap ke-2 pada tanggal 27-29 Juli 2020.

Uji coba ini diharapkan dapat menjadi persiapan yang baik menuju pelaksanaan KSN-P yang akan diselenggarakan pada tanggal 10-14 Agustus 2020.

Uji coba KSN-P secara daring mempunyai prinsip-prinsip yang perlu diketahui oleh peserta, Prinsip-prinsip tersebut yaitu:

1). Setiap peserta wajib mengikuti uji coba KSN-P;

2). Uji coba tidak menggugurkan keikutsertaan peserta;

3). User-ID dan password adalah rahasia peserta;

4). Peserta wajib mengunggah surat/pernyataan integritas dimulai pada saat pelaksanaan uji coba tahap ke-2; dan

5). Tetap berprestasi dari rumah.

Hasil survei yang dilakukan oleh Puspresnas, anak-anak Indonesia tetap mengharapkan ada KSN tingkat provinsi dan tingkat nasional.

Mereka (terutama yang telah lolos ke tingkat provinsi) memiliki semangat pantang menyerah untuk beradaptasi dengan kondisi di mana mereka harus berada dan belajar dari rumah.

Pemerintah daerah memiliki komitmen yang sama dengan Puspresnas untuk tetap melayani anak-anak berprestasi dengan melakukan inovasi penyelenggaran kompetisi secara daring, yang belum pernah dilakukan sebelumnya, bahkan untuk level internasional.

Kami berharap agar ajang bergensi ini tetap diadakan supaya siswa tertap termotivasi dalam belajar dan meningkatkan prestasinya. “Tentu puspenas telah melakukan survai dan siswa tetap menginginkan berlomba meskipun lewat on line” jelas Wahid Nara yang juga ketua IGI Sulsel ini.

Puspresnas senantiasa memberikan layanan pengembangan bakat dan minat peserta didik untuk bidang sains yang mencakup sembilan bidang lomba KSN  pada jenjang SMA/MA yaitu, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika, Astronomi, Kebumian, Geografi dan Ekonomi. (MS MNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *